Rakuten Belanja Online

Rakuten Belanja Online

Jumlah populasi dan membanjirnya pengguna internet di Indonesia telah menyimpan sebuah potensi yang sangat besar. Bisa kita bayangkan saban hari ada jutaan orang Indonesia yang bergaul dengan dunia maya, hal itu secara tidak langsung telah membuka terciptanya peluang pasar yang sangat menjanjikan. Keberadaan Forum Jual Beli Kaskus (FJB Kaskus) dan Toko Bagus adalah bukti nyata bahwa situs jual-beli online di Indonesia tengah berkembang pesat. Berkaca pada faktor itulah, Rakuten sebagai situs belanja online terbesar di Jepang lewat kerjasamanya dengan PT Global Mediacom (MNC Group) turut meramaikan belantika dunia e-commerce di Indonesia dengan meluncurkan situs belanja online bernama Rakuten Belanja Online (RBO). Hiroshi Mikitani sebagai Chairman dan CEO Rakuten, menjanjikan bahwa RBO akan menjadi tempat yang aman dan nyaman untuk berbelanja, dia juga cukup terkesima dan melihat potensi besar dari jumlah pengguna internet di Indonesia. “Kami akan memberdayakan penduduk Indonesia dengan kekuatan internet”, tambah Mikitani saat jumpa pers di Jakarta 1/06/11, sebagaimana dikutip dari Antara. Posisi MNC Group sebagai mitra Rakuten dalam RBO diprediksi juga akan semakin melambungkan nama RBO. Bagaimana tidak? MNC Group yang merupakan salah satu perusahaan media terbesar di Indonesia pasti sangat berpengaruh besar dalam tingkat promosi RBO kepada masyarakat. Dalam joint venture RBO ini MNC Group memiliki saham 49%, sedangkan sisanya atau 51% adalah milik Rakuten.

Untuk mempercepat pembentukan efek bola salju, RBO diketahui juga telah merangkul beberapa brand lokal macam: Mustika Ratu, Sarinah, Martha Tilaar, Kinokuniya, Electronic Solutions, dan Top Golf. Tak hanya itu, RBO juga menjalin hubungan dengan pihak bank seperti BCA dan Bank Mandiri, serta perusahaan jasa pengiriman barang seperti GNI dan Tiki, untuk kemudahan transaksi para penggunanya. Selain di Jepang dan Indonesia, Rakuten juga telah berekspansi ke beberapa negara, seperti: Amerika, Perancis, dan Taiwan.

Rakuten.Inc adalah operator belanja online terbesar di Jepang, dengan jumlah pengguna terdaftar mencapai 50 juta pengguna. Rakuten berdiri pada Februari 1997. Pada Juni 2004, perusahaan ini telah menjelma menjadi situs peringkat kedua paling populer di Jepang. Kini, perusahaan yang bermarkas pusat di Shinagawa, Tokyo, Jepang, ini telah masuk dalam kelompok 10 besar dunia bersama Amazon.Com, IAC, dan Expedia. (st)

(oryza aditama / http://www.saudaratua.wordpress.com)