Kaisar Akihito bertemu Presiden SBY

Kaisar Akihito bertemu Presiden SBY (dok.detikFoto)

Ada yang menarik dari kunjungan Presiden SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) ke kediaman Kaisar Akihito di Tokyo, Jepang pada 17/6/11. Pada kesempatan tersebut, tepatnya di akhir pertemuan, sang Kaisar Jepang ke-125 ini nampak berkali-kali membungkukkan badan sebagai tanda penghormatan kepada tamunya itu. Bahkan beliau juga terlihat terus melambaikan tangan, hingga mobil yang ditumpangi Presiden SBY lenyap dari pandangannya. Tak hanya itu, sebelum kembali masuk ke kediamannya, Kaisar Akihito bersama permaisurinya Putri Michiko ternyata juga masih menyempatkan diri untuk menyapa para wartawan Indonesia dengan sedikit membungkuk sambil menebar senyum keramahan.

Presiden SBY beserta rombongan termasuk Ibu Ani, tiba di kediaman Kaisar Akihito sekitar pukul 15.00 sore waktu setempat. Dalam pertemuan yang berlangsung singkat hanya sekira 15 menit ini Presiden SBY mengungkapkan secara langsung keprihatinan dan rasa belasungkawa yang dalam atas bencana gempa dan tsunami dahsyat yang melanda Jepang pada 11 Maret lalu. Kaisar Negeri Sakura ini pun membalasnya dengan ungkapan terimakasih atas segala bantuan Indonesia kepada Jepang pasca bencana. Beliau juga tak lupa mendoakan keselamatan 13 orang ABK Indonesia di Kapal MT Gemini yang hingga kini masih ditawan oleh perompak Somalia. “Saya ucapkan simpati terhadap ABK asal Indonesia yang masih ditahan,” terang Kaisar Akihito dalam bahasa Jepang yang kemudian diterjemahkan oleh salah seorang staf, sebagaimana dikutip dari Detik.

Pertemuan antara Presiden SBY dengan Kaisar Akihito ini adalah bagian dari rangkaian kegiatan orang nomor satu di Indonesia itu dalam lawatan kenegaraannya selama 6 hari ke Swiss dan Jepang. Kunjungan luar negeri Presiden SBY kali ini dimulai sejak 13 sampai 18 Juni 2011. (st)

(oryza aditama / http://www.saudaratua.wordpress.com)