Grup Gamelan Tirto Kencono (dok: KJRI Osaka)

Grup Gamelan Tirto Kencono (dok: KJRI Osaka)

Siapa sangka jika Gamelan, sebagai salah satu wujud karya seni bangsa Indonesia, ternyata juga cukup digemari oleh publik Jepang. Maka tak mengherankan jika pada sebuah pentas gamelan yang diselenggarakan KJRI (Konsulat Jenderal Republik Indonesia) Osaka di Koka City, prefektur Shiga, mendapat antusiasme tinggi dari pengunjung. Bahkan acara yang terselenggara pada 12/06/11 itu turut mementaskan sebuah grup gamelan asal Negeri Sakura yang bernama Tirto Kencono.

Indonesia Java Gamelan Ensemble adalah tema yang dipilih oleh KJRI Osaka untuk menyelenggarakan pentas gamelan ke-8 yang terselenggara di Koka City. Gamelan memang telah lama akrab di telinga masyarakat di salah satu kota kecil di prefektur Shiga, Jepang ini. Nama Koka City lekat dengan lantunan gamelan ketika seorang pendeta bernama Iwai Sensei dan seorang pengajar di Osaka City University bernama Prof Shin Nakagawa bahu-membahu untuk membentuk sebuah grup musik gamelan berisi orang-orang Jepang. Grup gamelan tersebut kemudian dinamai Tirto Kencono.

Selain gamelan dan tari Jawa yang berkolaborasi dengan iringan biola serta cello, acara kali ini juga turut dimeriahkan dengan pergelaran wayang kulit khas Jawa, namun dengan mengangkat cerita rakyat dari Jepang. Di hari itu, lebih dari 300 orang yang memadati tempat pementasan di Hekisui Hall juga disuguhi dengan aneka makanan ringan khas Indonesia seperti tempe goreng serta pameran aneka kerajinan dari seluruh pelosok Indonesia. Tak hanya itu, KJRI Osaka yang di event ini berhasil merangkul sponsor maskapai Garuda Indonesia pun memanjakan pengunjung dengan hadiah doorprice tiket pesawat Garuda Indonesia jalur Osaka-Denpasar Bali pulang-pergi. Diharapkan dengan pementasan berbagai karya seni Indonesia ini, akan membantu upaya KJRI Osaka untuk senantiasa mempromosikan budaya Indonesia di mata masyarakat Jepang, yang tentunya akan makin mendekatkan hubungan masyarakat di kedua negara.(st)

(oryza aditama / http://www.saudaratua.wordpress.com)