Daisuke Nakanishi

Daisuke Nakanishi

Jet pribadi dan kapal pesiar mungkin saja menjadi pilihan yang diidamkan kebanyakan orang yang hendak menikmati kemewahan berkeliling dunia. Tapi Daisuke Nakanishi, seorang pria asal Osaka, Jepang, memilih cara yang sedikit berbeda untuk mewujudkan ambisinya berkeliling dunia. Pria petualang ini telah berhasil menyinggahi ratusan negara berbeda dengan menaiki sepeda angin kesayangannya. Dan lebih hebatnya lagi, misi berkeliling dunia oleh Daisuke telah membawa kedua kakinya untuk mengayuh pedal selama sebelas tahun sejak titik pertama keberangkatannya!

Kedua roda sepeda vela wood bell milik Daisuke tercatat berhasil menyentuh aspal jalanan Jakarta pada Jumat 24/04/09. Menurut Daisuke, Indonesia adalah negeri ke-125 yang berhasil ia jelajahi bersama sepedanya. Dan seperti yang biasa dikenal oleh sebagian besar orang Indonesia, bahwa fasilitas publik di negeri ini tergolong kurang aman, Daisuke pun sempat mengalami pengalaman yang tidak menyenangkan ketika berada di atas kapal fery yang ia tumpangi. “Saya tiba di Jakarta dengan kapal fery kemarin, dan seseorang telah mencuri sandal saya saat di kapal”, ujar Daisuke. Ia juga menambahkan bahwa secara umum perjalanannya di Indonesia masih tergolong menyenangkan, Daisuke juga sangat terkesan dengan sambutan ramah dari para warga di tiap kota yang ia singgahi. “Saat sampai di Jogjakarta, saya sempat dijamu dengan makanan khas kota itu, saya suka”, terang Daisuke tentang pengalamannya saat tiba di Jogja.

Dalam perjalanan yang sangat panjang ini, Daisuke membawa enam buah tas besar yang bergantung di beberapa sisi sepedanya. Tiap tas yang ia bawa diisi dengan bermacam logistik yang berbeda-beda. “Masing-masing tas isinya berbeda, mulai dari pakaian sampai aneka peralatan dan suku cadang sepeda”, ujarnya. Seluruh biaya perjalanan yang digunakan oleh Daisuke adalah uang tabungan yang ia kumpulkan selama enam tahun saat ia bekerja di perusahaan Jepang sesaat setelah ia lulus kuliah, meskipun di beberapa tempat ada juga warga yang bersimpati dan sedikit menambah bekal Daisuke.

Daisuke merencanakan bahwa perjalanannya di Indonesia akan ia akhiri di Bali, untuk kemudian diteruskan ke Philipina, Vietnam, Laos, Thailand, Myanmar, Korea, dan berakhir di Jepang.(st)

(oryza aditama / http://www.saudaratua.wordpress.com)