Tim tinju Jepang keluar sebagai juara umum dalam penyelenggaraan Turnamen Tinju Amatir Piala Presiden XXI yang digelar di Stadion Tenis Indoor GBK, Senayan, Jakarta. Dalam turnamen yang diikuti oleh 27 negara dari tanggal 3-8 Juli 2011 ini, tim tinju Jepang sukses menyabet tiga emas dan tiga perak, mengungguli tim Australia di tempat kedua dengan perolehan dua emas saja.

Medali emas terakhir tim Jepang dibukukan oleh Ryota Murata yang bertanding pada kelas menengah putra 75 kg. Pada partai final, Ryota sukses menghempaskan perlawanan Arslanrek Achilov dari Turkmenistan, setelah wasit memutuskan untuk menghentikan pertandingan pada ronde ketiga. Di ronde sebelumnya, pukulan dahsyat Ryota yang mendarat telak pada dagu Achilov, telah mengakibatkan petinju andalan Turkmenistan itu mendapat hitungan wasit hingga dua kali.

Sedangkan di bagian tinju putri, dua wakil Jepang di final yaitu Aya Shimoto dan Tomoko Kugimiya kalah oleh lawan mereka masing-masing, hingga harus puas dengan kalungan medali perak saja. Berikut daftar atlet tinju tim Jepang yang berhasil meraih medali untuk kelompok putra: Naoya Inoue meraih emas di kelas terbang ringan, Katsuaki Susa memperoleh emas di kelas terbang, Ryota Murata menyabet emas di kelas menengah, dan Yasuhiro Suzuki mendapat perak di kelas welter. Sedangkan di kelompok putri ada Aya Shimoto meraih perak di kelas terbang, dan Tomoko Kugimiya mendapat perak di kelas ringan.(st)

(oryza aditama / http://www.saudaratua.wordpress.com)