Logo Nissan

Logo Nissan

Kabar bagus bagi dunia ketenagakerjaan dan investasi Indonesia dihembuskan oleh salah satu cabang perusahaan otomotif terkemuka Jepang di Indonesia yaitu PT Nissan Motor Indonesia. Berdasar keterangan sang presiden direktur Nissan Motor Indonesia, Takayuki Kimura pada 25/06/11, perusahaan yang ia pimpin akan menambah dana investasi sebesar 25 milyar yen di Indonesia. Dana tersebut dialokasikan untuk perluasan pembangunan pabrik, dan secara tidak langsung juga diiringi dengan penambahan tenaga kerja sebanyak 1.600 orang pekerja.

Kimura juga mengatakan bahwa jumlah karyawan Nissan Motor Indonesia nantinya akan menjadi lebih dari 2.500 orang karyawan. Dan yang lebih menggembirakan lagi, Kimura berjanji bahwa penambahan tenaga kerja di perusahaannya itu sepenuhnya akan diperuntukkan untuk para pekerja lokal. “Kami tidak akan meningkatkan pekerja ekspatriat baik dari Jepang ataupun negara lain”, jelas Kimura. Kebijakan Nissan Motor Indonesia yang akan mengalokasikan karyawan baru dari warga lokal ini tentunya memiliki sumbangsih langsung terhadap upaya pemerintah untuk menurunkan tingkat pengangguran di masyarakat. “Sebagai pemain besar, Nissan mendukung kebijakan pemerintah dan akan berkontribusi pada perekonomian RI, Nissan ingin semuanya berjalan sebagaimana mestinya”, tambah Kimura, sebagaimana dikutip dari Detik.

Kimura juga menekankan bahwa Indonesia memiliki segmen serta potensi pasar yang sangat besar, oleh karena itu Nissan Motor Indonesia akan ia kawal untuk lebih fokus pada segmen mobil murah ramah lingkungan atau low cost green car.  Dan dari tambahan investasi 25 milyar yen tersebut, diharapkan produksi Nissan Motor Indonesia dapat meningkat menjadi 180.000 unit untuk tahun 2013.

Nissan Motors adalah salah satu kerajaan industri otomotif papan atas dari Jepang. Sejak berdiri pada 26 Desember 1933 hingga tahun 1983, perusahaan ini mengusung nama merek Datsun namun kemudian diganti dengan Nissan Motors. Kantor pusat Nissan Motor berada di kota Yokohama, prefektur Kanagawa, Jepang.(st)

(oryza aditama / www.saudaratua.wordpress.com)