Pengunjung Indonesian Summer Exhibition  (dok:KBRI Tokyo)

Pengunjung Indonesian Summer Exhibition (dok:KBRI-Tokyo)

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo menggelar Indonesian Summer Exhibition pada minggu terakhir bulan Juli tahun ini (2011). Event yang dibuka langsung oleh Dubes Muhammad Lutfi pada 23/07/11 ini mengambil tempat di area KBRI Tokyo itu sendiri. Indonesian Summer Exhibition adalah sebuah pameran yang khusus memamerkan dan mempromosikan aneka produk lokal Indonesia kepada masyarakat Tokyo pada umumnya.

Acara Indonesian Summer Exhibition yang tahun ini diselenggarakan mulai 23-24/07/11, memang terkesan lebih meriah. Hal itu sehubungan dengan banyaknya para peserta pameran dari Indonesia yang sebagian besar baru saja ikut serta dalam Japan Fashion Week beberapa hari yang lalu. Selain menampilkan produk kerajinan tangan, fashion, dan aneka aksesoris khas Indonesia, gelaran Indonesian Summer Exhibition kali ini juga turut diramaikan oleh pementasan tari tradisional Jawa dan Bali, serta paduan suara yang membawakan lagu daerah dan lagu perjuangan.

Sebagaimana dikutip dari press release KBRI Tokyo, dalam kata sambutannya, Dubes Muhammad Lutfi menyampaikan bahwa acara ini bertujuan untuk mengenalkan tradisi dan bermacam produk artistik khas Indonesia kepada masyarakat Jepang. Beliau juga menekankan agar event pameran produk kebudayaan ini dapat memperkuat tali persahabatan antara Indonesia dan Jepang.(st)

(oryza aditama / http://www.saudaratua.wordpress.com)