Logo Daihatsu

Logo Daihatsu

Mark Wijaya dan Isa Nova adalah dua orang Indonesia yang sukses menelurkan sebuah desain mobil yang kemudian digunakan sebagai prototipe produk mobil sebuah perusahaan otomotif terkemuka di Jepang, bernama Daihatsu Motor. Hal itu terkuak setelah PT Astra Daihatsu Motor, cabang Daihatsu Motor di Indonesia, memperkenalkan rancangan produk masa depan mereka yang disebut “Konsep A” dalam gelaran Indonesian International Motor Show 2011 (IIMS) di Kemayoran, Jakarta pada 22-31/07/11.

Pada event IIMS yang telah terselenggara ke-19 kali itu, stand Astra Daihatsu Motor memamerkan “Konsep A” sebagai salah satu produk mobil andalan mereka di masa datang, dengan menekankan pada nuansa modern namun tetap ramah lingkungan dan irit BBM. Pengerjaan konsep mobil hasil desain dua teknisi Indonesia tersebut sebenarnya telah mulai berjalan sejak Desember 2010, dengan fokus pengerjaan prototipe sepenuhnya dibuat di Jepang.

Isa Nova sebagai Styling Designer Product Planning Department mengungkapkan bahwa rancangan mobilnya ini sangat sesuai untuk keluarga Indonesia. “Kami menawarkan konsep baru bagi masyarakat Indonesia, dengan menggabungkan tiga elemen, yaitu: sporty, mewah, dan terjangkau”, terang Nova. Nova yang sejak kecil suka menggambar mobil ini pun sangat bangga karena hasil rancangannya ternyata dapat masuk menjadi salah satu produk Daihatsu. “Pekerjaan ini dimulai dari sebuah kesenangan, hingga bisa membuat mobil sungguhan merupakan kesenangan tersendiri”, ungkapnya.

Astra Daihatsu Motor rencananya akan melempar mobil rancangan Mark Wijaya dan Isa Nova ke pasar dengan menyasar masyarakat kalangan menengah, dengan didukung tawaran harga yang relatif murah. Namun publik Indonesia nampaknya masih harus lebih bersabar, karena Daihatsu Motors yang berkantor pusat di Osaka itu telah menjadwalkan pemasaran produk mereka dalam waktu 2-3 tahun lagi untuk pasar lokal Indonesia.(st)

(oryza aditama / http://www.saudaratua.wordpress.com)