Panorama di Manado (dokfoto: ATPM)

Panorama di Manado (dokfoto: ATPM)

Sebuah lembaga kepariwisataan di Sulawesi Utara atau biasa disebut NSTB (North Sulawesi Tourism Board) telah menandatangani kesepakatan dengan Kyotango City Tourism Kyoto dari Jepang, untuk membangun sebuah proyek kepariwisataan di Manado, Sulawesi Utara. MoU kedua belah pihak ditandatangani dalam sela-sela kegiatan ASEAN Tourism Forum (ATF) di Hotel Novotel Manado (14/01/12).

Penandatanganan dilakukan oleh Widijanto selaku Direktur Eksekutif NSTB dengan Fukuyama Katsuhisa selaku Ketua Kyotango City Tourism Association. Kedua belah pihak sepakat untuk menggulirkan sebuah proyek pembangunan resor yang khusus diperuntukkan bagi kaum pensiunan dan para manula warga Jepang, terutama yang berasal dari wilayah kota Kyotango, prefektur Kyoto. Proyek resor yang bernama Japan Retirement Center ini sendiri akan mengambil tempat di Desa Paso, Kecamatan Kakas, Kabupaten Minahasa, Manado, Sulawesi Utara.

“Rencananya, Japan Retirement Center akan dibangun di atas lahan seluas 108 hektar, lengkap dengan cottage, lapangan golf, dan pemandian air panas yang sangat disukai warga Jepang,” terang Widijanto, sebagaimana dikutip dari HaloJepang.

Kota Kyotango sendiri adalah sebuah kota di prefektur Kyoto yang memiliki jumlah populasi lebih dari 67.000 jiwa. Kota ini berbatasan dengan pantai Laut Jepang yaitu di sisi barat Semenanjung Tango.(st)

(Oryza Aditama / http://www.saudaratua.wordpress.com)