Universitas Sebelas Maret

Universitas Sebelas Maret

Booming ekonomi, teknologi, dan budaya Jepang ke seantero wilayah Asia selama lebih kurang dua dekade terakhir, menyebabkan banyak universitas bergengsi di luar Jepang seakan berlomba untuk membangun Pusat Studi Jepang mereka masing-masing. Beberapa universitas ternama di Indonesia, semisal UGM (Universitas Gadjah Mada) dan UI (Universitas Indonesia) pun telah membangun Pusat Studi Jepang mereka sendiri. Dan di akhir tahun 2012 ini, UNS (Universitas Sebelas Maret) Surakarta sebagai salah satu universitas bergengsi di region Jawa Tengah dan DIY, akhirnya mendirikan Pusat Studi Jepang-nya sendiri.

Pendirian Pusat Studi Jepang UNS yang berada di bawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM-UNS) ini ditandai dengan penandatanganan kerjasama antara Dubes Jepang untuk Indonesia Yoshinori Katori, dan Rektor UNS Ravik Karsidi, pada 13/12/2012. Ravik Karsidi menerangkan bahwa pendirian Pusat Studi Jepang UNS ini adalah wujud kerjasama UNS dengan Kokushikan University dari Jepang. Beliau juga menambahkan bahwa Kedutaan Jepang di Indonesia akan mendukung penuh kerjasama antar lembaga pendidikan tersebut.

Di lain pihak, Yoshinori Katori berharap bahwa dengan adanya pembangunan Pusat Studi Jepang UNS tersebut akan meningkatkan pengembangan budaya Jepang dan Jawa, selain juga turut mempererat hubungan Indonesia-Jepang. Yoshinori pun menyoroti besarnya jumlah dosen asal Indonesia yang belajar di Jepang merupakan indikator positif dalam hubungan kedua negara.(st)

(Oryza Aditama / http://www.saudaratua.wordpress.com)