Gunma Safari Park

Gunma Safari Park

Jumat 29/07/11 di Tokyo, presiden Gunma Safari Park, Kunihiko Takahashi, menyerahkan sumbangan untuk konservasi hutan Masigit Kareumbi, di Jawa Barat, Indonesia. Dana sejumlah 200.000 yen atau setara dengan 400 bibit pohon, secara simbolik diterima oleh Dubes Indonesia Muhammad Lutfi, yang kemudian diteruskan kepada Duta Wali Pohon dari Indonesia yaitu Tim Perempuan Merah Putih. Sejumlah dana tersebut dikumpulkan secara bertahap dari para pengunjung taman wisata Gunma Safari Park yang merasa peduli terhadap kelestarian hutan dan lingkungan hidup.

Sebagaimana dikutip dari press release Kedubes RI di Tokyo, Dubes Muhammad Lutfi dalam pidato sambutannya, selain mengucapkan rasa terimakasih beliau juga berharap agar Indonesia dapat mencontoh pengalaman Jepang yang telah berhasil melakukan program reboisasi pada hutan mereka. Muhammad Lutfi mengatakan bahwa Jepang telah sukses mengembalikan keberadaan hutan mereka sebesar 70 sampai 75 persen, pasca booming ekonomi Jepang pada beberapa dekade yang lampau. Tak hanya itu, sang Dubes juga menekankan pentingnya pengentasan kemiskinan kepada masyarakat sekitar wilayah hutan, agar program ini dapat berjalan sukses dikemudian hari.

Penyerahan sumbangan untuk konservasi hutan Masigit Kareumbi yang mencakup tiga kabupaten yaitu: Kab Bandung, Kab Sumedang, dan Kab Garut, ini juga turut dihadiri oleh beberapa organisasi yang konsen terhadap pelestarian lingkungan. Beberapa perwakilan yang terlihat turut hadir adalah: Executive Director of Borneo Orangutan Survival Foundation, Country Manager Visit Indonesia, perwakilan Garuda Indonesia Tokyo, dan beberapa orang masyarakat Jepang pemerhati Indonesia.

Gunma Safari Park

Gunma Safari Park

Gunma Safari Park sendiri adalah salah satu taman safari terbesar yang dimiliki Jepang dan telah berdiri sejak 1979 di prefektur Gunma. Pada awal berdirinya, taman safari ini merupakan taman safari ke-5 yang dimiliki oleh Jepang, dan merupakan taman safari pertama yang berdiri di kawasan Jepang Timur. Hingga kini Gunma Safari Park memiliki koleksi sekitar seribu ekor binatang dari sekira 100 jenis spesies berbeda.(st)

(oryza aditama / http://www.saudaratua.wordpress.com)

Iklan