50 Years Flight to Japan (dokfoto: indonesiafinancetoday)

50 Years Flight to Japan (dokfoto: Antara)

Selasa 13/03/12, adalah sebuah hari bersejarah bagi rute penerbangan Indonesia-Jepang oleh Garuda Indonesia. Tepat 50 tahun yang lalu 13/03/62, pesawat Lockheed L-118 Electra Tjandi Borobudur milik Garuda Indonesia Airways membuka rute penerbangan Jakarta-Tokyo via Hongkong. Penerbangan tersebut adalah rute penerbangan komersil pertama yang menghubungkan Indonesia-Jepang, dengan mengangkut 60 orang penumpang dipenerbangan perdananya.

Adalah pesawat A330-300 dengan nomor penerbangan GA 884 yang kali ini menjadi penanda penerbangan bersejarah itu. Pesawat tersebut takeoff pukul 23:30 dengan upacara pelepasan yang dipimpin langsung oleh Suranto sebagai Senior General Manager Area Western Indonesia dari Garuda Indonesia. Beliau juga berharap agar rute penerbangan ini dapat makin mempererat hubungan Indonesia-Jepang, sebagaimana dikutip dari HaloJepang.

Malam itu banyak para penumpang Garuda Indonesia yang lumayan terkejut ketika disambut oleh para awak kabin yang memakai kimono sambil membagikan scarf batik. “Biasanya event seperti ini hanya dapat saya lihat di televisi, namun sekarang saya merasakannya langsung, sungguh waktu yang tepat datang kemari”, ujar Sakamoto Kazuyo, salah seorang penumpang warga Jepang.(st)

(Oryza Aditama / http://www.saudaratua.wordpress.com)

Iklan