Dewasa ini geliat ekonomi mikro di Indonesia memang tengah memperlihatkan perkembangan yang cukup signifikan. Beberapa pihak meyakini bahwa perkembangan ini tetap akan terus berlanjut seiring masih banyaknya potensi yang belum tergali secara maksimal di Indonesia. Berkaca dari fenomena inilah Japan International Cooperation Agency (JICA) Expert kemudian tertarik untuk ikut memanfaatkan potensi berbagai UKM (Usaha Kecil dan Menengah) yang ada di Indonesia, khususnya di kawasan Sumatera Utara (Sumut).

Dari pertemuannya dengan Ketua Kadin Sumut Irfan Mutyara di Medan 28/07/11, JICA Expert menyampaikan tekad mereka untuk lebih konsisten serta meningkatkan bermacam bantuan nyata bagi perkembangan berbagai UKM yang ada di Sumut. JICA Expert melihat bahwa jika perkembangan UKM dengan jenis produk komoditi ekspor ke Jepang dapat berkembang pesat, maka keuntungan besar antara para pengusaha kecil di Sumut dan para importir di Jepang dapat dinikmati bersama. “JICA Expert siap membantu pelaku UKM menignkatkan kualitas produknya agar bisa menembus pasar ekspor khususnya ke Jepang. JICA juga melihat bahwa potensi produk UKM Sumut cukup besar”, jelas Irfan Mutyara, sebagaimana dikutip dari Media Indonesia.

Ketertarikan JICA untuk ikut berkecimpung mengembangkan UKM yang ada di Sumut tersebut tak lain berasal dari laporan Konsulat Jepang di Medan yang mengatakan bahwa ada berbagai macam produk UKM Sumut yang berpotensi dapat memasuki pasar Jepang. Dan untuk membantu agar program JICA ini tepat sasaran dan berjalan optimal, maka ketua tim proyek Japan-Indonesia Economic Partnership Agreement, Yokota Kazuo, memutuskan mengajak dan mengikutsertakan pihak Kadin Sumatera Utara untuk turut bekerjasama menangani program ini.(st)

(oryza aditama / http://www.saudaratua.wordpress.com)

Iklan