Pipa Air PDAMHingga kini setidaknya terdapat 14 perusahaan Jepang yang telah menyatakan minatnya untuk mewujudkan pembangunan proyek pipanisasi air minum Jatiluhur-Jakarta. Proyek infrastruktur yang cukup besar ini memiliki nilai yang ditaksir mencapai 4 triliyun rupiah. Dari daftar perusahaan Jepang yang diumumkan oleh Kementrian Pekerjaan Umum RI pada 22/02/12, setidaknya terdapat lima perusahaan ternama yang turut serta. Mereka adalah: Hitachi Ltd, Mistsubishi Corp, Yamatake Corp, Toyota Tsusho Corp, dan Tokyo Suido Services Corp.

Menurut rencana, proyek ini akan menargetkan aliran air hingga 15.000 liter/detik melalui pipa berdiameter 1,8 meter sepanjang 78 km, yang akan menghubungkan Bendungan Jatiluhur di Jawa Barat menuju Jakarta. Dan aliran air tersebut akan digunakan untuk memasok kebutuhan air PDAM Kab Karawang, PDAM Kab Bekasi, AETRA, PALYJA, dan PDAM Tirta Patriot Bekasi.

Hingga kini proyek air minum Jatiluhur masih dalam tahap pengkajian feasibility study, yang di antaranya menyangkut pandangan apakah akan memasang pipa-pipa tersebut di dalam tanah ataukah di atas permukaan tanah, serta pembahasan berbagai efek yang lainnya. Proyek ini dijadwalkan akan memasuki tahap tender pada akhir 2012. (st)

(Oryza Aditama / http://www.saudaratua.wordpress.com)

Iklan