Jalan Raya di Tokyo

Jalan Raya di Tokyo

Metropolitan Expressway Co Ltd (MEX), sebuah perusahaan ternama asal Jepang yang bergerak dalam bidang kontruksi dan pengelolaan jalan-jalan besar di kota metropolitan, tengah menjajaki peluang kerjasama yang lebih intensif dengan pemerintah kota DKI Jakarta. Hal tersebut terungkap ketika Keiichiro Hashimoto sebagai Chairman&CEO MEX Co Ltd mengatakan ketertarikannya untuk membantu menyelesaikan masalah kemacetan parah di Jakarta, pada 18/07/11.

Trackrecord MEX yang terbukti telah berhasil mengelola dan memecahkan masalah keruwetan jalan tol di Tokyo, telah memunculkan keyakinan tersendiri pada Hashimoto bahwa perusahaannya itu pasti juga akan sukses menaklukkan keruwetan lalu-lintas Jakarta. “Kami berharap keahlian dan pengalaman setengah abad kami dalam mengelola jalan-jalan metropolitan dan menyelesaikan masalah kemacetan di Tokyo dan sekitarnya, dapat memberikan manfaat bagi penyelesaian masalah kemacetan di Jakarta. Juga untuk perbaikan jalan tol yang sudah berusia 20 tahun serta penerapan sistem pengelolaan aset demi keamanan jalan tol,” jelas Hashimoto, sebagaimana dikutip dari VivaNews.

Kemacetan di Jakarta

Kemacetan di Jakarta

Menurut Hashimoto, keseriusan niat MEX untuk mengurai masalah pelik lalu-lintas Jakarta serta meningkatkan kerjasama dengan pemerintah kota, akan dibuktikan dengan pembukaan kantor perwakilan resmi MEX di Jakarta. Dan pembukaan kantor di Jakarta ini akan tercatat sebagai kantor perwakilan resmi MEX yang pertama berdiri secara tunggal di luar wilayah Jepang. Tak hanya itu, MEX yang bekerjasama dengan tim studi JICA (Japan International Cooperation Agency) diketahui juga tengah menyusun program besar bertajuk “Master Plan for Establishing Metropolitan Priority Area for Investment and Industry in Jabodetabek Area”.

“Kami akan menciptakan visi Jakarta Metropolitan Area tahun 2030, dan membuat masterplan menuju 2020, serta mengidentifikasi proyek-proyek prioritas di mana perusahaan kami (red-MEX) bertanggung jawab dalam perencanaan jalan raya”, jelas Hashimoto. Ia juga mengatakan bahwa Jakarta membutuhkan pengelolaan jalan raya yang sangat baik hingga beberapa waktu ke depan, karena karakteristik transportasi ibu kota Indonesia ini 90% masih bergantung pada jalan raya.

Jalan Tol menembus gedung di Tokyo

Jalan Tol menembus gedung di Tokyo

Kiprah Metropolitan Expressway Co Ltd, di mulai ketika perusahaan ini membangun dan mengelola jalan raya untuk mengurai kemacetan di Tokyo pada 1962, dengan menghubungkan kawasan Chuo dan Minato. Hingga berikutnya, pelan tapi pasti, perusahaan yang berkantor pusat di Tokyo ini akhirnya dapat menguasai pengelolaan jaringan jalan raya seluruh Tokyo dan banyak kota besar yang lain.(st)

(oryza aditama / http://www.saudaratua.wordpress.com)

Iklan