Kurang dari tiga minggu sebelum digelarnya pekan olahraga Asia Tenggara, SEA Games 2011 (11/11/11) di Palembang dan Jakarta, Indonesia, rombongan Tim Nasional (Timnas) Futsal Indonesia bertolak merantau ke Negeri Sakura (23/10/11), demi pematangan tim dan menambah jam terbang para pemain. Menurut rencana, dua Timnas Futsal, baik Tim Putra dan Tim Putri akan melakukan serangkaian pertandingan uji coba dengan beberapa tim futsal Jepang yang dikenal memiliki level permainan sangat baik untuk tataran Asia.

Manajer Timnas Futsal Putra, Bayu Saptari, menerangkan bahwa pertandingan melawan tim-tim dari Jepang sangat diperlukan untuk mengasah kekuatan timnya. “Selama di Jepang, mereka akan melakukan pertandingan dengan tim lokal Jepang yang merupakan level kedua di Asia, setelah Iran”, terang Bayu, sebagaimana dikutip dari MediaIndonesia.Com. Apalagi Bayu Saptari juga menargetkan agar timnya dapat meraih emas di gelaran SEA Games nanti, meskipun dengan para calon lawan Indonesia yang dikenal cukup tangguh. “Kami tahu kekuatan tim lain juga cukup bagus, seperti Tim Vietnam yang diasuh pelatih Italia, tapi peluang kami untuk menjadi juara masih ada”, tambah Bayu.

Lain halnya dengan Timnas Futsal Putri, menurut manajernya Vivin Sungkono, tim putri Indonesia belum teruji memiliki mental yang tangguh ketika menghadapi pressure pertandingan yang tinggi. Menurut Vivin, hal itu dikarenakan tim putri Indonesia selama ini cukup kesulitan menemukan lawan tanding yang tangguh di dalam negeri. “Saat pelatnas di tanah air, kami memang selalu menang di setiap pertandingan uji coba. Ini yang membuat saya khawatir anak-anak over confident saat tampil di SEA Games. Karena itu kami mencoba klub-klub Jepang untuk mengasah kemampuan tim,” ujar Vivin Sungkono, sebagaimana dikutip dari VivaNews.(st)

(oryza aditama / http://www.saudaratua.wordpress.com)

Iklan