Recovery Jepang pasca tsunami (dokfoto: Toshifumi Kitamura & Toru Yamanaka)

Recovery Jepang pasca tsunami (dokfoto: Toshifumi Kitamura & Toru Yamanaka)

Dalam rangka mengenang setahun bencana gempa dan tsunami yang menyapu wilayah Jepang Timur pada 11/03/11, maka harian Asahi Shimbun bersama Mitsubishi Corporation menggelar event pameran foto bertema East Japan Earthquake Press Photo Exhibition di Jakarta. Acara yang digelar sejak 10-18 Maret 2012 ini juga didukung oleh Kedutaan Jepang di Jakarta, harian Jakarta Shimbun, dan The Jakarta Japan Club. Di samping Indonesia, Asahi dan Mitsubishi juga menggelar event sejenis di dua negara lain yaitu Bangkok (Thailand) dan Seoul (Korea Selatan).

Menurut Takashi Kasuya, selaku Board Director Office of The President of The Asahi Shimbun, pameran foto di Jakarta ini memperlihatkan beberapa kemajuan yang telah dicapai Jepang dalam upaya pemulihan pasca bencana. Dan karena Jepang telah banyak mendapat dukungan dan bantuan dari Indonesia, maka pameran foto yang memperlihatkan kondisi terakhir kawasan bencana ini juga sebagai ungkapan terimakasih dari Jepang.

Selain Takashi Kasuya dari Asahi Shimbun, East Japan Earthquake Press Photo Exhibition juga dihadiri oleh Direktur Utama Mitsubishi Corporation Jepang, Junpei Kato; Corporate Officer Mitsubishi Corporation, Yasuhito Hirota; perwakilan Kedutaan Jepang, Masanori Tani; serta Ketua Persatuan Persaudaraan Indonesia-Jepang (PPIJ), Rachmat Gobel.

“Kami optimis Jepang terus berupaya membangun daerah-daerah yang hancur akibat peristiwa gempa dan tsunami tersebut”, ujar Rachmat Gobel , sebagaimana dikutip dari Antara. Beliau juga menambahkan bahwa seyogyanya Indonesia dapat mengambil pelajaran positif dari pengalaman pahit yang menimpa Jepang tepat setahun lalu itu.(st)

(Oryza Aditama / http://www.saudaratua.wordpress.com)

Iklan