SMP Taisho

SMP Taisho

Dalam rangka mengenalkan Indonesia kepada masyarakat Jepang, terutama anak-anak, maka pada 4/03/11 Konsulat Jenderal RI di Osaka bersama beberapa staf mengunjungi salah satu Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Osaka, yaitu SMP Taisho. Dalam kunjungannya itu tim KJRI Osaka mempresentasikan tentang Indonesia di depan sekitar 120 orang siswa kelas 1 yang berkumpul di aula sekolah.

Para siswa cukup antusias menyimak berbagai uraian tentang Indonesia yang disajikan kepada mereka. Menurut press release KJRI Osaka, di salah satu sesi, anak-anak ini juga diberi kesempatan untuk melihat secara singkat tentang keanekaragaman budaya dan aneka tempat wisata yang ada di Indonesia lewat pemutaran DVD promosi wisata yang ada di Indonesia.  Berikutnya suasana mendadak riuh ketika para siswa ini diajak untuk bersama-sama memainkan salah satu alat musik khas Indonesia, yaitu angklung. Mereka cukup antusias untuk belajar menggunakan alat musik yang termasuk baru pertama kali mereka kenal itu. Apalagi ketika diajak untuk memainkan salah satu lagu daerah Jepang dengan menggunakan angklung, para siswa ini nampak cukup bersemangat meskipun gerakan mereka masih jelas terlihat canggung.

Di akhir acara, para personel KJRI Osaka pun menyempatkan diri mengikuti acara yang telah disediakan oleh para siswa SMP Taisho, yaitu kegiatan “tea ceremony club”, juga melakukan foto-foto bersama. Sebagai tambahan informasi, Taisho adalah salah satu daerah dari 24 bagian yang membagi Osaka. Berdasar data 2006, daerah Taisho memiliki populasi 72.742 orang dengan luas kawasan 9.43 kilometer persegi.(st)

(oryza aditama / http://www.saudaratua.wordpress.com)

Iklan