Mitsubishi Regional Jet

Mitsubishi Regional Jet

Sebagai sebuah perusahaan produsen pesawat yang tergolong muda, Mitsubishi Aircraft Corp ternyata telah sanggup membentangkan sayap pasarnya hingga ke beberapa negara tujuan ekspor. Setelah menerima pesanan lebih dari seratus pesawat dari Trans State Holding (maskapai regional AS) dan All Nippon Airways, sayap Mitsubishi Aircraft juga mulai membentang di regional Asia setelah sepakat untuk memasok pesawat jet bagi maskapai di Indonesia sebagai klien Asia pertama mereka.

Hal itu terkuak setelah ANI Group Holding Ltd, sebuah perusahaan leasing (sewa guna usaha) yang berbasis di Hongkong, menyampaikan bahwa mereka telah bersepakat dengan Mitsubishi Aircraft untuk memasok pesawat jenis Mitsubishi Regional Jet (MRJ) kepada beberapa maskapai di Indonesia. “Pesawat bikinan Mitsubishi ini akan disediakan untuk lima maskapai Indonesia, termasuk perawatannya”, ungkap ANI Group.

Menurut keterangan resmi di situs Mitsubishi Aircraft yang merupakan perusahaan patungan antara Mitsubishi Heavy Industries dan Toyota Motors Corp ini, ANI Group juga merasa bangga bahwa produk MRJ yang mereka pasok ke Indonesia tercatat sebagai yang pertama untuk regional Asia, selain Jepang tentu saja. “Kami sangat bangga menjadi klien pertama MRJ di Asia. Perekonomian Indonesia berkembang cepat. Negara ini memiliki lebih dari 17.000 pulau, dengan populasi mencapai 240 juta jiwa, hingga sangat mendukung pertumbuhan ekonomi”, terang ANI Group, sebagaimana dikutip dari OkeZone.

Produk Mitsubishi Aircraft tipe MRJ menggunakan mesin jenis PW1000G yang diklaim memiliki keunggulan hemat bahan bakar mencapai 20 persen jika dibandingkan dengan produk lain di kelasnya. Pesawat jenis MRJ tipe awal memiliki kapasitas tempat duduk antara 70-90 orang, meskipun dalam hal ini Mitsubishi akan terus berinovasi agar dapat menciptakan pesawat tipe MRJ dengan kapasitas lebih kurang 100 penumpang. Beberapa pihak mengakui bahwa Mitsubishi Aircraft bersama tipe MRJ miliknya, akan bersaing ketat dengan berbagai pesawat lain yang sekelas, seperti Bombardier (Kanada) dan Embraer (Brazil). Berdasar kesepakatan pemesanan pada 16/06/11, MRJ akan mulai dipasok ke Indonesia mulai tahun 2014.(st)

(oryza aditama / http://www.saudaratua.wordpress.com)

Iklan