Yasuko Senshu (dokfoto: Kompas)

Yasuko Senshu (dokfoto: Kompas)

Oktober 2011 menjadi langkah awal pemasaran kartu-kartu remi bikinan Yasuko Senshu, seorang seniman kaligrafi dari Jepang, di beberapa spot wisata paling terkemuka di Asia. Sekilas kartu remi buatan Yasuko memang terlihat biasa saja, namun pengamatannya yang cukup jeli tentang perkembangan kepariwisataan Indonesia di mata para turis Jepang yang mulai beranjak naik, memunculkan ide baginya untuk mengangkat citarasa Indonesia di dalam produk buatannya.

Ya, dengan melihat potensi tersebut, Yasuko memutuskan untuk menampilkan berbagai macam ikon wisata Indonesia di kartu remi buatannya. Maka tak mengherankan jika gambar candi Borobudur, pulau Komodo, candi Prambanan, wayang kulit, dan panorama eksotis Tanah Lot di Bali, dengan eloknya nampang di kartu milik Yasuko yang berdesain gambar dan warna menarik. Bahkan Tsuyoshi Kobayashi, seorang Technical Advisor Plaza Bali, memutuskan untuk ikut memasarkan produk Yasuko karena 70 persen dari seluruh tamu Plaza Bali ternyata berasal dari Jepang.  “Saya mengumpulkan gambar-gambar tempat-tempat wisata andalan di Indonesia dan merangkainya menjadi sekumpulan kartu remi. Kartu ini sekarang  dijual di tempat-tempat wisata Jepang, Singapura, maupun Bali. Kami juga menjualnya secara online“, ujar Yasuko bersemangat, di sela-sela gelaran pameran wisata Japan Association of Travel Agents (JATA) Forum & Travel Showcase 2011 di Tokyo Big Sight, Tokyo, Jepang (30/09/11), sebagaimana dikutip dari Kompas.(st)

(oryza aditama / http://www.saudaratua.wordpress.com)

Iklan