Berbeda dengan Indonesia, warga muslim Jepang menyatakan 1 Syawal atau hari raya Idul Fitri tahun ini bertepatan dengan hari Selasa 30 Agustus 2011. Sebagaimana diketahui, penetapan 1 Syawal 1432 H di Indonesia mengalami perbedaan antara mereka yang menggunakan metode hisab dan rukyah. Pengguna metode hisab menyatakan Lebaran jatuh pada 30 Agustus, sedangkan pengguna metode rukyah mengatakan pada 31 Agustus. Pemerintah Indonesia sendiri menetapkan 1 Syawal 1432 H bertepatan dengan 31 Agustus 2011.

Penentuan 1 Syawal 1432 H di Jepang diputuskan oleh sidang isbat yang dilakukan oleh Islamic Centre Japan pada Selasa malam 29 Agustus 2011. Untuk mendukung dan turut merayakan hari besar umat muslim tersebut, KBRI Tokyo pun menggelar shalat Idul Fitri dengan mengambil tempat di Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) di kawasan Meguro, Tokyo. Oleh karena jamaah yang memang cukup banyak, maka shalat musti dilakukan dalam dua sesi. Sebagai imam sekaligus khatib adalah Bapak Haidar Baghir dan Bapak Nur Hidayat yang juga menjabat sebagai kepala sekolah SRIT.

Selepas menunaikan shalat, beberapa jamaah ada yang langsung kembali ke tempat kerja masing-masing, mengingat di Jepang tidak mengenal hari libur untuk perayaan Idul Fitri. Ada pula di antara mereka yang memilih untuk bersilaturahmi barang sebentar, sambil menikmati hidangan ala kadarnya yang memang telah disediakan oleh pihak penyelenggara.

Redaksi Saudara Tua mengucapkan, selamat hari raya Idul Fitri 1432 H, mohon maaf lahir dan batin.(st)

(oryza aditama / http://www.saudaratua.wordpress.com)

Iklan