Kepulauan DerawanKunjungan Dubes Jepang, Yoshinori Katori ke Pulau Derawan, kabupaten Berau, Kalimantan Timur (Kaltim) pada pertengahan Juli 2012 ini ternyata tak mau disia-siakan begitu saja oleh Awang Faroek Ishak, selaku Gubernur Kaltim. Sederet peluang investasi pun langsung disodorkan Awang kepada sang dubes, agar Negeri Sakura bersedia menambah kucuran modalnya ke kawasan Kaltim.

Dari sekian program yang ditawarkan, nampaknya sektor SDM industri dan pengolahan sawit menjadi poin besar yang ingin ditekankan oleh Awang. “Saya tadi menawarkan kepada Dubes Jepang, bahwa kita tengah mengembangkan berbagai peluang-peluang investasi. Misalnya saja, investasi kelapa sawit,” terang Awang. “Hal itu akan terus kita lanjutkan, tapi ke depan kita kaitkan dengan peningkatan SDM untuk sektor industri, karena Jepang kan negara industri yang terkenal,” tambah Awang, usai pertemuannya dengan Yoshinori di rumah dinas Bupati Berau, Tanjung Redeb, pada 11/07/12.

Yoshinori pun menekankan bahwa meski Jepang terkenal dengan perkembangan industrinya, namun negeri itu memiliki standar yang baik tentang tata kelola pelestarian lingkungan. Dubes Jepang meyakinkan bahwa pemerintah Jepang, sangat concern dengan tata lingkungan yang baik meski bergerak dalam bisnis industri,” ujar Awang, sebagaimana dikutip dari Detik.Com. Tak hanya itu, dalam rangkaian kunjungan beberapa hari ke Kaltim ini, dubes Jepang juga berjanji bahwa beliau akan membawa para pengusaha dan wisatawan Jepang untuk melihat secara langsung potensi Pulau Derawan, untuk meningkatkan perkembangan sektor pariwisata dan promosinya di Jepang.(st)

(Oryza Aditama / www.saudaratua.wordpress.com)

Iklan