ToyotaPada sebuah acara yang berlangsung di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta (13/09/11) untuk memperingati 40 tahun kontribusi mobil Toyota di Indonesia, Presiden Toyota Motor Corporation, Akio Toyoda, melemparkan sebuah pandangan yang mungkin akan memantik optimisme tinggi orang Indonesia terhadap perekonomian negerinya. Toyoda beranggapan bahwa laju perekonomian Indonesia dapat berjalan dengan baik, dibalik ekonomi dunia yang tengah terpuruk. “Jepang, Amerika, dan Eropa sedang mendung. Cerahnya Indonesia menggairahkan hati saya”, kata Toyoda.

Menurut Akio Toyoda yang juga adalah cucu dari Sakichi Toyoda sang pendiri Toyota Motor Corporation, perekonomian Indonesia yang dapat terus meningkat dengan stabil, telah menarik perhatian banyak perusahaan internasional untuk mengembangkan sayapnya di Indonesia. “Pasar Indonesia sedang diperhatikan. Bukan hanya oleh kami, tapi juga yang lain. Masa depan Indonesia sudah di depan mata”, jelas Toyoda. “Kunjungan kali ini adalah kunjungan kelima saya ke Indonesia. Jepang dan Eropa sangat gelap. Energi yang kuat saya dapat ketika turun dari pesawat, Indonesia siap memulai modernisasi”, ujarnya bersemangat, sebagaimana dikutip dari Detik.

Berdasar pada optimisme yang tinggi itulah, maka Akio Toyoda tak segan mengutarakan niatannya untuk menambah nilai investasi Toyota Motor Corp di Indonesia. Toyoda menyampaikan bahwa ia akan segera membangun pabrik mobil Toyota yang kedua di Indonesia. Hal itu juga untuk mengejar target produksi Toyota di Indonesia pada 2013 yang direncanakan mencapai 180.000 unit per tahun.

Toyota Motor Corporation pertama kali berdiri pada bulan September 1933 oleh Sakichi Toyoda. Dan siapa sangka jika Toyota Motor Corp pada awal berdirinya adalah sebuah divisi otomotif dari Pabrik Tenun Otomatis milik keluarga Toyoda. Setelah memiliki perkembangan yang cukup pesat, divisi otomotif ini akhirnya resmi terpisah dari bagian Pabrik Tenun Toyoda pada 27 Agustus 1937. Langkah strategis sempat dilakukan Toyota ketika memutuskan untuk mengakuisisi mayoritas saham dua pabrikan mobil lain yaitu Daihatsu pada 1999 dan Hino pada 2001. Toyota kemudian menjelma menjadi sebuah pabrikan mobil terbesar di dunia dengan bermarkas pusat di Aichi, Jepang.(st)

(oryza aditama / http://www.saudaratua.wordpress.com)

Iklan